BLOG & BERITA TERKINI

Bagian Sapi Yang Cocok Diolah Menjadi Bakso


Bakso merupakan salah satu makanan berbahan dasar daging yang selalu menjadi comfort food bagi sebagian besar masyarakat Indonesia. Tekstur bakso yang kenyal menjadi daya tarik tersendiri dari hidangan ini. Salah satu kunci tekstur bakso yang sempurna adalah memilih bagian daging yang tepat karena tak semua tekstur bagian sapi cocok untuk diolah menjadi beberapa hidangan.

Yuk, kenali bagian-bagian sapi yang sangat cocok diolah menjadi bakso.

Shank

Shank merupakan bagian yang berasal dari kaki atas sapi. Terdiri dari daging yang membalut tulang kering yang mengandung sumsum. Pada umumnya bagian ini sangat cocok dijadikan sebagai bahan kuah bakso karena akan menambahkan cita rasa gurih. Namun membuat bakso dengan daging yang melekat pada tulang ini akan membuat bakso makin empuk dan lembut karena tekstur dagingnya menghasilkan lemak.

Chuck atau Sampil

Bagian ini terletak pada di atas paha depan dan terdiri dari bagian leher, tulang belikat dan lengan atas paha sapi. Memiliki tekstur daging yang kenyal, kasar dan cukup berurat sehingga dapat memberikan tekstur sempurna untuk diolah menjadi bakso urat.

Brisket

Brisket atau sandung lamur merupakan bagian sapi yang berasal dari bagian dada bawah sapi. Kandungan lemak tinggi pada daging brisket menjadikan bagian ini sangat nikmat untuk diolah menjadi bahan olahan hidangan bakso.

Tetelan

Tetelan merupakan daging-daging yang menempel pada bagian tulang. Umumnya daging yang menempel ini memiliki komposisi serat otot dan tekstur yang kenyal sehingga sangat cocok diolah menjadi bakso urat.

--------------------------------------------------

Kami menyediakan beragam produk beku pilihan yang halal dan higienis. Untuk info seputar pricelist produk dan cara pemesanan, silakan kirim email ke cs-abu@agrobogautama.com atau mengisi formulir kontak di website kami.