BLOG & BERITA TERKINI

Daging Kurban Awet Berbulan-Bulan Dengan Cara Ini


Sudah kepikiran belum ingin membuat menu apa dari jatah daging kurban? Atau sobat ABU ingin menyimpan dagingnya terlebih dahulu? Perlu diperhatikan untuk menyimpan daging kurban harus dilakukan secara hati-hati, kalau tidak daging bisa saja mudah mengalami kadaluarsa selama penyimpanan.

Menyimpan daging kurban agar bertahan lama memang membutuhkan perlakuan khusus. Namun jika sudah tahu cara yang tepat, daging kurban dapat disimpan dalam jangka waktu yang panjang bahkan bisa bertahan sampai berbulan-bulan lho. Ini dia cara menyimpan daging kurban yang dapat kamu ikuti agar dagingmu awet dengan kualitas yang masih baik.

Daging jangan dicuci terlebih dahulu

Mencuci daging sapi maupun kambing ketika disimpan hanya akan menambahkan kandungan air pada daging tersebut. Menyimpan daging yang berair akan membuat daging lebih muda mengalami freezer burn, dimana kondisi yang terjadi ketika makanan telah rusak akibat dehidrasi dan oksidasi karena udara mencapai makanan.

Pisahkan bagian daging dan jeroan

Sebaiknya pisahkan daging dan jeroan di wadah yang terbeda. Jika memungkinkan simpan pula di kulkas atau freezer yang berbeda. Hal ini dilakukan untuk menghindari kontaminasi silang, karena jeroan akan lebih cepat rusak daripada daging.

Potong kecil daging sesuai porsi pemakaian

Sebelum disimpan alangkah baiknya daging dipotong menjadi bagian-bagian dengan ukuran yang lebih kecil. selain lebih mudah dicairkan, meminimalisir daging terkena bakteri dari terlalu sering membuka tutup kemasan

Bungkus dengan kemasan kedap udara

Sebelum disimpan di lemari es, daging sebaiknya dibungkus dengan plastik agar permukaannya tidak “kering” atau mengalami freezer burn dan terkontaminasi bakteri. Jangan lupa juga untuk menambahkan label tanggal pada kemasan agar tau masa kadaluarsa daging

Simpan di freezer

Agar lebih tahan lama, daging perlu disimpan di dalam freezer dengan suhu kurang dari –12 derejat Celsius. Apabila cara pembekuan dan cara menyimpan daging sudah benar, kerusakan warna, aroma, dan sari minyak akan lebih kecil.

Tunggu beberapa waktu setelah daging disembelih

Daging yang baru disembelih akan memiliki otot yang tegang hingga membuat daging menjadi tidak lembut. sebelum menyimpan daging di lemari es ketika baru saja disembelih, tunggu selama 3-4 jam sebelum menyimpannya agar daging dalam keadaan normal sudah tidak tegang.