BLOG & BERITA TERKINI

Apakah Daging Beku Aman Untuk Dikonsumsi?


 

 

Apakah Daging Sapi Beku Aman Untuk Dikonsumsi?

Banyak konsumen masih beranggapan bahwa membeli daging sapi segar akan lebih menyehatkan ketimbang daging sapi beku. Kenyataannya, kedua daging tersebut sama-sama memiliki kualitas yang sama dan aman asal kita dapat menyimpan dan menyiapkannya dengan baik dan benar.

Daging yang disimpan pada suhu -18 °C akan aman dari pertumbuhan mikroorganisme yang menyebabkan pembusukan makanan. Pada dasarnya membekukan makanan merupakan salah satu proses pengawetan makanan secara alami. Dengan dibekukan, masa simpan makanan akan menjadi lebih lama. Sehingga Kita tidak perlu menambahkan bahan-bahan kimia berbahaya seperti nitrat, natrium propionate ataupun sulfur dioksida untuk mengawetkan makanan

Meski melalui proses pembekuan kandungan gizi di dalam daging tidak berkurang. Daging beku masih memiliki kandungan gizi protein hewani serta mineral yang cukup bagi tubuh. Pembekuan digunakan untuk meminimalisir perubahan fisik, biokimia, dan mikrobiologis yang mempengaruhi kualitas penyimpanan. Menyimpan daging beku dengan tepat dapat membantu menjaga kualitas serta rasanya.

Saat menyimpan daging beku gunakan wadah yang tertutup rapat dan sisakan sedikit udara di dalamnya. Pastikan wadah yang Anda gunakan sesuai dengan besar/jumlah makanan agar dapat lebih cepat membeku dan meminimalisir pertumbuhan bakteri. Jangan lupa berikan label keterangan seperti jenis daging, tanggal penyimpanan, dan lain-lain.

Namun begitu dicairkan mikroba ini dapat kembali aktif dan berkembang biak. Oleh karena itu penanganan daging yang telah dicairkan harus tepat agar daging dapat kembali aman saat ingin dikonsumsi.