BLOG & BERITA TERKINI

Inspirasi untuk Bisnis Mu: Bagian Daging Sapi


Tersedia 6 kategori & lebih dari 33 bagian daging yaitu:

  1. Prime Cut
  2. Secondary Cut
  3. Bone-in
  4. Fancy
  5. Meat Manufacture
  6. Processed Meat

 Mari kita lihat apa saja yang termasuk kategori Prime Cut:

·         Tenderloin

·         Sirloin

·         Rib Eye

·         Rump

· Secondary Cut:

·         Knuckle

·         Topside/Inside

·         Chuck Tender

·         Shank

·         Eye Round

·         Silverside

·         Blade

·         Chuck

·         Brisket

 Tenderloin and Sirloin

Sebagai pengusaha kuliner berbasis daging, sangat perlu untuk mengetahu bagian-bagian daging, dapat diaplikasikan ke berbagai jenis hidangan, juga bagaimana pengolahannya.

·         TENDERLOIN atau has dalam merupakan bagian daging yang paling empuk dan tidak banyak lemaknya. Cara memasaknya tidak perlu terlalu lama. Tenderloin bisa diolah menjadi steak, atau dipotong-potong dan dipanggang dalam oven. Dibumbui garam dan lada hitam atau tambahan agar rasanya lebih enak.

·         SIRLOIN atau has luar dan shortloin dijadikan potongan steak, contohnya strip steak, Porterhouse steak, dan T-bone steak.

·         RIB EYE adalah potongan daging yang diambil dari bagian tulang rusuk. Dijual dengan atau tanpa tulang. Dapat diolah dengan berbagai macam cara antara lain diungkep, dipanggang, atau dibuat barbecue.

·         RUMP atau tanjung memiliki tekstur daging yang cukup lunak dan diambil dari bagian pinggang daging sapi. mempunyai lapisan lemak yang lumayan tebal. Diolah dengan berbagai macam metode misalnya dipanggang, broil, ungkep, dan digoreng. Daging ini juga dapat dipotong menjadi steak atau diiris tipis-tipis dan dimasak jadi olahan oseng-oseng.

·         KNUCKLE atau kelapa merupakan bagian daging sapi yang ada pada paha belakang bagian atas. Berada di antara gandik dan penutup. Daging kelapa semacam ini sering digunakan untuk membuat masakan semacam kaserol, dipanggang, dan rendang.

·         TOPSIDE atau Round terdapat pada bagian paha belakang sapi dekat area pantat sapi. Tesktur potongan daging sapi jenis ini sangat liat dan kurang lemak. Digunakan untuk masakan yang diolah dalam waktu lama, salah satu nya rendang. Cocok dibuat menjadi campuran topping pizza.

·         CHUCK - Sampil sapi biasanya dijual dengan harga terjangkau makanya cocok digunakan untuk masakan sehari-hari, misalnya bakso, oseng-oseng, sop, empal, dan abon. Cara memasak diungkep atau dimasak dalam cairan seperti rendang atau semur. Sampil bisa digiling sampai lunak untuk dijadikan daging isian hamburger yang ekonomis karena tidak terlalu mahal.

·         CHUCK TENDER atau Kijen dilapisi kulit luar tipis dengan bentuk kerucut. Tekstur dagingnya lumayan empuk sehingga dapat dimasak untuk keperluan daging steak, maupun oseng-oseng, sop.

·         SHANK daging sengkel diambil dan dipotong dari bagian atas betis sapi. Teksturnya kurang lunak dan tidak banyak lemaknya sangat pas dijadikan olahan sop dan kari atau bisa juga digiling sebagai daging cincang.

·         SILVERSIDE (Gandik) dan pendasar diambil dari paha belakang sapi bagian terluar dan paling dasar. Tekstur dagingnya padat serta tidak mengandung terlalu banyak lemak. Sangat tepat diolah menjadi masakan rendang atau dibuat menjadi abon dan dendeng. Daging ini juga dapat dimasak dengan cara direbus.

·         BLADE diambil dari bagian bahu bawah dan atas sapi yang berbentuk segi empat. Potongan dagingnya empuk meski tebal yang dapat dimasak menjadi olahan oseng-oseng, rendang, steak, maupun kari.

·         BRISKET bagian dada yang agak berlemak (sandung lamur). Dapat dimasak menjadi pho atau soto dan hidangan berkuah lainnya. Dimasak dengan api kecil sampai empuk. Sering dibuat jadi smoked brisket dan corned beef.