BLOG & BERITA TERKINI

Apakah Daging Hewan Terkena PMK Aman Untuk Dikonsumsi?


Sobat ABU saat ini santer terdengar penyakit  mulut dan kuku atau Foot and Mouth Disease (FMD) atau Aphthae Epizootica (AE). Organisasi Kesehatan Hewan Dunia (Office International Des Epizooties (OIE) ) telah menyatakan bahwa virus (family Picornaviridae) tidak menular ke manusia atau bukan zoonosis, sehingga virus PMK bukan resiko bagi kesehatan masyarakat.

Daging hewan yang terkena PMK masih bisa untuk dikonsumsi tetapi untuk keamanan harus dengan perlakuan, yaitu:

 

 1. Daging harus direbus di air mendidih sekitar 30 menit

2. Dari aspek kesehatan dianjurkan memasak makanan hingga matang

 

Surat Edaran (SE) Menteri Pertanian Nomor 01/SE/PK.300/M/5/2022 tentang Pengendalian dan Penanggulangan PMK Pada Ternak tanggal 10 Mei 2022. Serta SE Menteri Pertanian Nomor 03/SE/PK.300/M/5/2022 tentang Pelaksanaan Kurban dan Pemotongan Hewan dalam situasi wabah Penyakit Mulut dan Kuku (Foot and Mouth Disease) tanggal 18 Mei 2022. Surat Edaran Menteri Pertanian tentang pemotongan hewan di daerah wabah atau tertular PMK mengatur agar bagian-bagian sapi potong (kepala, kaki daerah kuku, jeroan, tulang dan buntut) di daerah wabah untuk direbus dalam air mendidih minimum 30 menit.

 

Yang harus diperhatikan adalah tindakan pencegahan penularan dari daerah yang terkena PMK ke daerah lain agar virus tidak mencemari lingkungan. Melakukan desinfeksi dan desinsektisasi bagi kandang hewan yang terkena PMK dan alat angkut hewan, peralatan, dan bahan-bahan yang terinfeksi. Kemasan pembungkus daging dimasukan ke wadah dan diberi disinfektan, antara lain menggunakan cuka dapur dan pemutih pakaian supaya virus tidak menyebar.  Ikuti prosedur dari dinas kesehatan terkait dan hubungi hotline kota/kab yang disediakan untuk pelaporan jika diketahui hewan ternak terkena PMK.

 

Penyakit Mulut dan Kuku

 

Sobat ABU jangan ragu untuk tetap mengkonsumsi daging hewan ya! Daging hewan yang didistribusikan oleh Agro Boga Utama berasal dari negara-negara yang dinyatakan bebas Penyakit Mulut dan Kuku, yaitu dari Australia, Selandia Baru, dan Amerika Utara. 

 

Info seputar pemesanan dapat melalui kontak kami:

www.agrobogautamaofficial.co.id atau melalui direct message IG: @agrobogautamaofficial