BLOG & BERITA TERKINI

10 Tips Menurunkan Berat Badan Saat Puasa


Bulan Ramadhan saatnya berpuasa selama sebulan. Sobat ABU bisa ikuti 10 tips menurunkan berat badan saat puasa:

1. Sahur

Jangan melewatkan sahur ya. Jika tidak sahur mengakibatkan sobat makan lebih banyak saat berbuka. Sahur juga merupakan asupan energi supaya sobat tidak lemas dan lapar.

Selain itu Rasulullah SAW mengajarkan untuk tidak melewatkan waktu sahur sebab ada banyak keberkahan dan pahala yang didapat dari makan sahur juga waktu yang makbul untuk berdoa.

2. Makanan bergizi seimbang

Sahur dan berbuka adalah waktu mengisi asupan makan. Saat sahur pilihlah makanan yang kaya cairan dan kaya serat. Seperti sayur-sayuran, biji-bijian utuh, sumber protein (daging, telur, yogurt, susu, kacang-kacangan) dan lemak sehat (minyak zaitun). Saat Berbuka pilihlah makanan dan minuman yang rendah lemak dan mengandung gula alami. Antara lain kurma, jus buah, buah-buahan, sup kaldu daging, kacang-kacangan, dan makanan bertepung.

3. Hindari makanan dengan gula tambahan.

Prinsip mengurangi berat badan adalah defisit kalori. Produksi insulin tubuh menurun saat berpuasa dan fungsi insulin merubah gula menjadi energi. Jika gula tidak diubah menjadi energi akibatnya disimpan sebagai lemak di tubuh.

4. Berolahraga dengan intensitas sedang. 

Menurunkan berat badan tanpa olahraga tidak disarankan, sobat tetap harus bergerak tetapi tidak perlu olahraga berat. Olahraga utk menurunkan berat badan seperti yoga, pilates ataupun gerakan dengan intensitas sedang untuk membakar kalori dan mengurangi stres. Saat berpuasa tubuh mencari cadangan energi untuk dibakar yaitu lemak. 

5. Minum banyak air

Penting menjaga tubuh tetap terhidrasi selama puasa. Minum air beberapa kali sepanjang malam dan kurangi minuman mengandung kafein. Oya sobat jangan minum dalam jumlah banyak sekaligus ya, karena terlalu encer elektrolit dan menyebabkan keracunan air (hiponatremia).

6. Konsumsi makanan yang kaya lemak tak jenuh

Sobat usahakan kurangi makan gorengan, lemak jenuh saat berpuasa akan menambah berat badan. Pilih makanan yang mengandung lemak tak jenuh seperti alpukat, ikan, sayur-sayuran, kacang-kacangan.

Konsumsi lemak tak jenuh membantu menurunkan berat badan secara perlahan.

7. Porsi makan 

Perhatikan porsi makan dan jangan makan berlebihan walaupun siang hari sobat tidak ngemil. Ingat saat berpuasa tubuh memproduksi sedikit insulin dan kelebihan gula akan diubah menjadi lemak pada tubuh.

Rasulullah SAW mengajarkan untuk makan secukupnya:

“Manusia tidak memenuhi wadah yang buruk melebihi perut, cukup bagi manusia beberapa suapan yang menegakkan tulang punggungnya, bila tidak bisa maka sepertiga untuk makanannya, sepertiga untuk minumnya dan sepertiga untuk nafas” (HR Tarmidzi)

8. Tidur yang cukup

Tidur bisa menjadi cara menurunkan berat badan saat puasa yang manjur. Hal ini dikarenakan kurang tidur akan mengacaukan sistem metabolisme. Sehingga tubuh tidak membakar cadangan lemak secara efektif.

Rencanakan rutinitas tidur, usahakan tidur siang selama 20 menit, hindari makan dan minum berlemak dan manis menjelang tidur, jauhkan laptop, hp, tv menjelang tidur, tidur ditempat yang tenang dan gelap.

9. Hindari stres

Saat stres terjadi kelenjar adrenal melepaskan hormon yang disebut kortisol. Hormon stres ini juga meningkatkan nafsu makan dan memotivasi seseorang untuk makan, terutama makanan tinggi lemak, gula, atau keduanya. Islam mengajarkan beberapa strategi untuk mengelola stres yaitu niat ikhlas, sabar dan shalat, bersyukur dan berserah diri, doa dan dzikir. Sedangkan versi ahli psikologi seperti relaksasi, berpikir positif, dan mengatur waktu.

10. Konsultasi ke dokter gizi

Jika sobat sudah melakukan strategi di atas tetapi masih juga sulit turun berat badan, sobat bisa berkonsultasi ke dokter gizi atau pun ahli gizi. Dokter gizi atau ahli gizi dapat membantu sobat untuk merencanakan pola makan dengan gizi yang seimbang selama puasa. 

 

Menurunkan berat badan saat puasa dengan memperhatikan hidangan dan gaya hidup yang dijalani. Sobat bisa mendapatkan di Agro Boga Utama aneka kurma Ajwa, Sukari, Khalas, aneka sayuran seperti brokoli, kembang kol yang rendah kalori, sayuran 4-way mix, aneka protein hewani ikan dori, daging rendah lemak (tenderloin), daging ayam, kaki ayam dan produk-produk lainnya yang baik untuk menunjang menurunkan berat badan saat puasa.

 

 ======================================================================

Kami menyediakan beragam produk beku pilihan yang halal dan higienis. Untuk info seputar pricelist produk dan cara pemesanan, silakan kirim email ke cs-abu@agrobogautama.com atau mengisi formulir kontak di website kami.