BLOG & BERITA TERKINI

Tren Bisnis Steak Kaki Lima Ramaikan Kuliner Ibu Kota


steak sapi juicy

Steak merupakan salah satu makanan ala barat yang kini masih mampu menggoyang lidah orang lokal. Tidak hanya di restoran besar saja, kini keberadaan makanan ini dapat ditemukan di kedai makan sederhana yang biasanya terletak di sisi jalan ibu kota. Istilah ‘steak kaki lima’ mungkin terdengar lebih bersahabat untuk menjangkau target market anak muda ataupun keluarga dan tentunya dibandrol dengan harga yang lebih terjangkau. Meski begitu, menu steak yang ditawarkan tentunya beragam seperti restoran steak bintang lima, mulai dari beef steak, chicken steak, hingga fish steak dengan pilihan saus yang menambah sensasi gurih pada tiap steak.

Restoran ‘steak kaki lima’ ini sejatinya mampu menjadi peluang bisnis yang cukup menjanjikan. Selain rasanya masih terbilang enak, harganya pun relatif terjangkau untuk sebagian masyarakat yang ingin menikmati steak dengan budget terbatas. Lantas, apa yang membuat harga steak tersebut terbilang murah? Tentunya jenis daging yang digunakan, lokasi restoran, dan bahan makanan penunjang lainnya yang tidak premium.

Beberapa hal yang perlu dipersiapkan saat akan menjalankan bisnis restoran steak ‘kaki lima’ Anda:

Persiapkan Rencana Bisnis Anda

Hal pertama yang ingin Anda lakukan sebelum memulai sebuah bisnis adalah rutin melakukan riset. Luangkan waktu Anda untuk mendapatkan pemahaman yang lebih dalam tentang lanskap bisnis yang Anda geluti, target pelanggan, tren yang sedang berlangsung, serta analisa kompetitor.

Rancang Anggaran Bisnis Anda

Salah satu bagian terpenting dari rencana bisnis Anda adalah merancang anggaran untuk melihat semua biaya yang Anda perlukan. Beberapa biaya yang perlu Anda pertimbangkan saat akan memulai bisnis makanan ialah investasi awal pada bahan makanan, peralatan dapur, biaya karyawan dan tim manajemen, lokasi bisnis, desain interior untuk restoran.

Memilih Lokasi

Sebelum Anda menetapkan lokasi baiknya Anda sudah memiliki demografi target market yang akan berkunjung ke restoran Anda.  Berikut adalah beberapa faktor yang perlu Anda pertimbangkan:

  1. Aksesibilitas: Restoran anda harus dapat diakses dengan mudah oleh pelanggan dan memiliki sedikit lahan parkir. Rata-rata pelanggan akan menyerah dan meninggalkan restoran jika tidak ada tempat parkir yang nyaman.
  2. Visibilitas: Lokasi restoran terbaik adalah yang mudah dilihat orang-orang saat mereka berjalan atau berkendara.
  3. Kompetitor: Industri kuliner sangat kompetitif. Untuk itu Anda perlu mempelajari pesaing Anda, apa yang mereka lakukan dan di mana kekurangan mereka. Dengan itu Anda dapat mengambil peluang yang tidak dilakukan oleh pesaing Anda.
  4. Keamanan lokasi: Saat Anda akan menetapkan lokasi bisnis perhatikan keamanan lingkungan sekitar agar orang-orang yang berkunjung dapat merasa aman dan nyaman. 

-----------------------------------------------------------------------------

Agro Boga Utama menyediakan pilihan daging sapi berkualitas serta halal sebagai bahan baku bisnis kuliner Anda. Untuk informasi lanjut mengenai produk silahkan hubungi kami melalui formulir kontak yang ada di sini.