BLOG & BERITA TERKINI

Yuk, Bisa Yuk! Bikin Sendiri Steak Juicy Rumahan Ala Restoran


steak juicy ala restoran

Makan steak di restoran rasanya memang selalu membuat orang ketagihan untuk berkunjung kembali. Namun, di kala pandemi seperti sekarang rasanya agak susah untuk berkunjung ke restoran steak demi mencegah penularan virus terjadi.

Nah, bagi Anda yang kangen makan steak restoran ada baiknya mencoba membuat steak di rumah dengan cita rasa ala restoran steak andalan Anda. Berikut adalah Langkah-langkahnya:

Memilih Potongan Daging

Anda tidak perlu menghabiskan banyak uang untuk membeli steak mahal demi mendapatkan rasa dan kelembutan yang luar biasa. Anda bisa menggunakan daging steak jenis sirloin, tenderloin, iga, atau T-bone. Apa pun yang Anda pilih, pastikan daging memiliki marbling agar steak tetap juicy selama proses memasak.

Jangan Masak Daging Beku

Jangan langsung memasak daging yang baru keluar dari lemari es ke dalam wajan. Diamkan terlebih dahulu pada suhu ruangan selama satu jam sebelum dimasak sehingga panas dari wajan akan lebih mudah ditembus ke tengah potongan daging.

Gunakan Teflon Tebal

Pilih wajan dan teflon berbahan dasar tebal untuk mempertahankan suhu panas stabil untuk memasak steak  di rumah agar dapat matang sempurna. Nyalakan api besar dan pastikan wajan harus panas sebelum daging diletakkan.

Teknik Memasak Yang Benar

Untuk membuat steak dengan tingkat kematangan sempurna balik daging setiap menit atau lebih untuk memastikan kulit luarnya rata. Jangan terlalu sering membalik daging karena akan menyebabkan daging tidak matang merata dan menyebabkan teksturnya menjadi alot. Cukup balik beberapa kali saja.

Sekitar setengah proses memasak, masukkan beberapa sendok makan mentega dan bumbu tambahan untuk memberi steak Anda tambahan kelembapan dan rasa.

Sesuaikan Bumbu Dengan Jenis Daging

Jika Anda menggunakan jenis daging yang sudah empuk dan memiliki banyak marbling sebaiknya hanya dibumbui secara minim dengan garam dan lada hitam. Sedangkan daging yang bertekstur keras bisa dibumbui dengan berbagai macam bumbu rempah dan bahan pengempuk seperti air lemon, daun pepaya dan nanas.