BLOG & BERITA TERKINI

Interview Untuk Mereview


Pernah mengalami tidak lolos interview padahal merasa sudah all out di sesi tersebut? Tidak perlu khawatir, ini tidak hanya terjadi pada calon lulusan, atau fresh graduate, tapi juga dialami oleh yang sudah memiliki pengalaman kerja. Jadi, apa yang harus dilakukan?

1. Cek kira-kira apa yang membuat interview kurang maksimal. Apakah kurang dapat menjelaskan teknis

pekerjaan, belum mengenal profil perusahaan, bahasa tubuh yang kurang tepat (sikap duduk, kontak

mata dengan interviewer), kurang percaya diri, atau komunikasi kurang lancar?

2. Jadikan list hal-hal yang kurang mendukung tersebut sebagai bahan untuk melakukan perbaikan pada

interview selanjutnya.

3. Keep moving forward! Jangan terpaku pada kegagalan interview kali ini.

 Jadi, untuk interview selanjutnya, siapkan hal-hal berikut:

1. Pastikan cek uraian tugas serta kualifikasi posisi yang dilamar. Informasi terkait profil perusahaannya juga perlu didapatkan.

(a) Pelajari profil perusahaan dan buat ringkasannya. Apabila ada informasi mengenai rencana ekspansi yang akan dijalankan oleh perusahaan, bisa dijadikan acuan untuk kita bisa menyampaikan kontribusi yang dapat diberikan jika bergabung.

(b) Baca job description dari posisi yang dilamar, untuk acuan mempersiapkan jawaban atas pertanyaan mengenai kompetensi yang terkait.

2. Jangan lupa perbaiki hal-hal yang masih dianggap kurang berdasarkan hasil tinjauan interview sebelumnya, Misalnya kurang percaya dari saat menjawab, maka ada baiknya lakukan role play, dengan bantuan teman atau keluarga, sebagai bentuk latihan menghadapi job interview (wawancara kerja)

3. Disarankan untuk mengikuti sesi webinar yang membahas mengenai tips memenangkan interview.

4. Setelah selesai interview, tinjau kembali prosesnya. Jika lolos ke tahap selanjutnya, berarti evaluasi interview yang sebelumnya menunjukkan hasil. Jika belum berhasil, lakukan tinjauan dan lakukan perbaikan kembali. Yang penting adalah tetap bersikap positif dan selalu semangat.