BLOG & BERITA TERKINI

Rahasia Di Balik Cita Rasa Steak Yang Juicy Ala Restoran


Hidangan steak merupakan hidangan yang cukup popular di kalangan pecinta daging. Walaupun memasaknya terlihat sederhana, terkadang untuk menghasilkan steak juicy kualitas restoran cukup sulit dilakukan. Beberapa tips rahasia memasak steak di atas ini dapat anda ikuti untuk menghasilkan steak juicy ala restoran:

Jangan Membolak-Balik Daging

Jangan membalik daging berkali-kali, cukup balik sekali saja saat daging sudah matang merata. Terlalu sering membolak-balik dapat menyebabkan daging tidak matang merata dan menyebabkan teksturnya menjadi alot. 

Teknik Memanggang

Saat memanggang jangan letakkan daging terlalu banyak atau menumpuk pada panggangan. Hal ini akan mengakibatkan suhu menurun sehingga dapat menyebabkan daging lebih lama matang. Jika sudah begini, maka akan berpengaruh pada hasil steak yang akan dihasilkan. 

Gunakan Termometer

Untuk mengukur suhu pada daging steak Anda bisa menggunakan termometer khusus daging agar bisa menyesuaikan tingkat kematangannya. Terdapat beberapa tingkat kematangan daging yang dapat mempengaruhi tekstur juicy pada daging steak; rare (55-60 c), medium rare (60-65 c), medium (65-70 c), well done (75 c).

Resting Daging

Setelah dimasak sebaiknya daging didiamkan sejenak. Proses ini disebut dengan resting. Hal ini sangat penting agar sari daging (juice) dapat menyebar secara merata pada daging.