BLOG & BERITA TERKINI

Pengertian Hard Skills


Pernah membaca atau mendengar mengenai hard skills dan soft skills? Apakah sebenarnya yang dimaksud dengan hard skills dan soft skills, dan apa perbedaan di antara keduanya?

Hard skill terkait dengan kemampuan, keterampilan, atau pengetahuan teknis yang spesifik, sementara soft skills terkait dengan karakter atau kepribadian seperti leadership, komunikasi, atau time management. Keduanya merupakan aspek penting yang dibutuhkan oleh seseorang untuk dapat menunjukan kinerja yang optimal.

Lalu, bagaimana cara kita meningkatkan hard skills? Berikut ini 3 cara yang bisa dijadikan referensi:

1. Mengikuti Kursus

Kursus atau les merupakan salah satu cara untuk mengasah hard skills. Contohnya seperti kursus komputer, kursus bahasa asing, serta kursus yang terkait dengan hobi. Dengan mengikuti kursus, selain dapat meningkatkan hard skills, kita juga dapat mengembangkan soft skills kita. Misalnya kemampuan komunikasi, karena saat mengikuti kursus kita bertemu dengan orang lain yang mengharuskan kita berinteraksi dengan mereka.

Saat pandemi seperti sekarang ini, banyak lembaga yang menyelanggarakan kursus secara online. Informasi mengenai kursus online ini dengan mudah ditemukan di berbagai platform media sosial atau berselancar di internet. Selain kursus yang berbayar, banyak juga yang memberikan pelatihan secara gratis. Menarik bukan!

2. Mencari Pembimbing (Mentor)

Selain mengikuti kursus, hard skills juga bisa ditingkatkan dengan bantuan pembimbing atau mentor. Mentor bisa membantu kita menambah pengetahuan teknis yang diperlukan untuk sukses di pekerjaan dengan sharing pengalaman-pengalamannya. Mentor juga bisa membantu memberikan penilaian secara objektif sejauh mana kita sudah menguasai hard skills yang dibutuhkan.

3. Kritik dan Saran

Jangan sungkan untuk meminta kritik dan saran kepada orang-orang di sekitar lingkunganmu, baik keluarga, teman ataupun rekan kerja. Masukan-masukan tersebut akan membantu kita mengetahui area yang masih harus dikembangkan, dan area-area mana yang sudah baik dan bisa ditingkatkan.

Ada baiknya, kita juga memiliki catatan mengenai progress yang telah kita capai, untuk memotivasi diri kita untuk terus berkembang ke arah yang lebih baik secara terus menerus.