BLOG & BERITA TERKINI

Perhatian! Lakukan Ini Agar Daging Beku Tidak Rusak


Menyimpan daging beku perlu persiapan yang baik karena dapat mempengaruhi kualitas daging. Salah menyimpan saja bisa membuat rasa serta tekstur daging berubah. Tentu Anda tidak mau hal itu terjadi bukan?

Berikut beberapa cara menyimpan daging beku yang dapat Anda lakukan agar kualitas tetap terjaga sampai waktunya Anda konsumsi:

Segera masukkan daging beku Anda ke dalam freezer

Daging beku harus segera diletakkan di dalam freezer untuk mencegah adanya perubahan suhu yang dapat merusak kualitas daging. Selain itu hal ini juga mencegah kontaminasi dari bakteri suhu ruang.

Jangan mencuci daging terlebih dahulu
Hal ini dilakukan untuk mencegah freezer burn, dimana daging yang telah dicuci mengandung banyak air di dalamnya sehingga memudahkan air yang terserap dapat mengkristal dan merusak daging.

Membungkus daging dengan rapat

Dengan membungkus daging dengan wadah yang tepat, kualitas daging akan selalu terjaga dari kontaminasi bakteri di kulkas dan tentunya akan membuat daging lebih awet. Pastikan juga pembungkus yang digunakan merupakan wadah yang aman untuk menyimpan makanan.

Memastikan temperatur kulkas
Suhu atau temperatur tentunya sangat penting untuk anda perhatikan. Menyimpan daging beku harus dilakukan pada suhu freezer yang tepat yaitu di bawah -18 C. Anda juga perlu memastikan bahwa kulkas tidak terlalu penuh dan tidak terlalu kosong karena dapat mempengaruhi temperatur dalam freezer. Oleh karena itu freezer juga perlu dijaga kebersihannya untuk menjaga kualitas daging beku.