BLOG & BERITA TERKINI

Tips Mudah Menyiapkan Barbecue di Rumah Agar Aman


Salah satu aktivitas yang masih jadi andalan ketika kumpul bareng keluarga atau teman adalah pesta barbecue rumahan, apalagi saat malam pergantian tahun atau kelar hari raya Idul Adha. Namun ada beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika mengadakan kegiatan barbecue di rumah berjalan lancar dan aman, diantaranya adalah:

- Panggangan BBQ hanya boleh digunakan di luar ruangan.

- Jangan pernah meninggalkan panggangan Anda tanpa pengawasan.

- Pastikan tempat memanggang Anda tidak terlalu dekat dengan rumah, teras, atau garasi. Usahakan juga jangan diletakkan di bawah dedaunan dan cabang-cabang yang menjorok.

- Jauhkan anak-anak dan hewan peliharaan dari area pemanggangan, kalau perlu beri tanda "zona bebas anak” di sekitarnya. Pastikan anak-anak tahu potensi bahaya panggangan juga, sehingga mereka tidak tergoda untuk mendekatinya.

- Jaga pemanggang Anda tetap bersih dengan menghilangkan tumpukan lemak dari panggangan dan baki di bawah panggangan.

- Pastikan tutup pemanggang gas Anda terbuka sebelum menyalakannya.

- Periksa jika ada tanda-tanda kebocoran gas.

- Simpan pemadam api di area memanggang untuk berjaga-jaga. Informasikan juga ke orang-orang sekitar cara menggunakan alat pemadam api tersebut.

- Pastikan panggangan Anda berada di permukaan yang stabil agar tidak tergelincir ke bawah.

- Pakailah pakaian yang layak. Hindari pakaian yang terlalu longgar, selendang, dsb untuk mencegah tersambar api dari pemanggang. Usahakan rambut Anda juga diikat, jika memungkinkan.

- Jangan membanjiri panggangan Anda dengan banyak makanan, terutama makanan berlemak yang dapat menyebabkan tetesan api.