BLOG & BERITA TERKINI

Cara Mengolah Lidah Sapi Agar Empuk dan Bebas Bau Anyir


Meski tergolong kurang populer dibandingkan dengan bagian tubuh sapi lainnya, namun tak sedikit yang menggemari lidah sapi. Daging lidah sapi mempunyai tekstur yang empuk dan kenyal, cocok dioleh menjadi semur, bistik, sate, dan masih banyak lagi. Untuk menikmati daging lidah sapi, perhatikan cara mengolahnya agar masakan menjadi lebih enak untuk disantap.

Pilih lidah sapi yang masih segar.

Jika anda ingin membeli lidah sapi segar maka pilihlah yang mempunyai ciri seperti bertekstur kenyal ketika ditekan, tidak berlendir, tidak berbau, dan tidak lembek.

Cuci bersih lidah sapi.

Meski sudah memilih lidah sapi segar bukan berarti tidak perlu lagi dibersihkan. Cuci lidah sapi dengan air mengalir hingga tidak ada bau amis dan lendir yang tersisa. 

Rebus lidah sapi sebelum diolah.

Agar tekstur lidah sapi lebih empuk, baiknya rebus terlebih dahulu sebelum diolah menjadi menu masakan. Gunakan panci presto jika ada lalu tambahkan daun salam, daun jeruk, serai, jahe untuk menghilangkan bau amis. Rebus selama kurang lebih 20 menit hingga warnanya berubah. 

Kupas kulit bagian luar.

Setelah selesai direbus, kupas kulit bagian luar dengan pisau tajam agar lapisan luar yang keras dapat mudah terkelupas. Kupas tipis agar bagian dagingnya tidak terlalu banyak terbuang. Lalu potong-potong dengan ukuran yang sesuai dengan jenis masakan anda.

Lidah sapi siap diolah.

Apabila langkah-langkah di atas sudah dilakukan, maka lidah sapi siap diolah menjadi sajian yang lezat. Anda tinggal menyiapkan bahan-bahan makanan lainnya untuk dimasak.