BLOG & BERITA TERKINI

Jenis Makanan Yang Perlu dan Tidak Perlu Masuk Kulkas


Pendinginan sangat penting karena meningkatkan masa simpan makanan, terutama untuk makanan yang mudah busuk seperti buah-buahan dan sayuran. Namun, terkadang kita tidak menyadari berapa lama makanan itu harus disimpan di lemari es. Berikut adalah jenis makanan yang sebaiknya disimpan dan tidak perlu disimpan di dalam kulkas.

Makanan yang perlu disimpan di lemari es:

Daging, ikan, dan unggas: Daging, ikan, dan unggas harus segera disimpan di dalam kulkas dan ditempatkan di area terpisah agar tidak terkontaminasi dengan makanan lain. Daging segar harus segera didinginkan setelah dibeli

Susu: Susu segar harus segera disimpan di lemari es dan tidak didiamkan pada suhu ruangan selama lebih dari dua jam.

Telur: Anda bisa menyimpan telur di dalam kulkas atau di suatu tempat dengan suhu ruangan. Namun hindari menyimpan telur di tempat yang suhunya berubah-ubah.

Keju: Simpan keju di area paling hangat di kulkas. Bungkus rapat agar rasanya tetap terjaga dan mencegah pengeringan.

Selai kacang organik: Simpan selai kacang di dalam lemari es agar minyak yang terkandung di dalamnya tidak terpisah dan menjadi tengik. Jika anda berencana menggunakannya, keluarkan dulu selai kacang dari kulkas dan diamkan selama kurang lebih satu jam agar teksturnya menjadi lembut.

Buah-buahan: Memang tidak semua buah dapat disimpan di kulkas, namun buah-buahan seperti semangka, apel, anggur, sebaiknya disimpan di dalam kulkas. Bungkus dengan baik dan jangan campur buah-buahan dalam satu wadah. Jangan mencuci buah sebelum disimpan karena akan lebih rentan terhadap jamur.

Sayuran: Hampir semua jenis sayuran bisa disimpan di lemari es, kecuali kentang dan bawang. Simpan sayuran dalam wadah tertutup sebelum dimasukkan ke dalam lemari es.

Kacang dan biji-bijian: Simpan kacang dan biji-bijian di dalam kucing agar tidak berbau tengik apabila disimpan di suhu ruangan dalam waktu lama. Kacang dan biji-bijian dapat bertahan hingga satu tahun di dalam lemari es.

Lidah buaya: Lidah buaya segar perlu disimpan di lemari es agar tetap segar. Meski sebagian besar lidah buaya yang dibeli di toko tidak menggunakan pendingin tetap saja menyimpan lidah buaya di kulkas akan memberikan sensasi dingin saat digunakan.

 

Makanan yang tidak perlu disimpan di lemari es:

Kentang: Suhu dingin di dalam kulkas dapat mengubah warna dan rasa kentang. Kentang harus disimpan tanpa dicuci di tempat yang jauh dari sinar matahari. Jika memungkinkan, simpan di dalam karung goni.

Madu: Madu akan menebal dan mengkristal jika disimpan di lemari es, bahkan setelah dibuka. Jika ini terjadi, Anda dapat menempatkan toples madu yang sudah dibuka di dalam panci berisi air panas untuk mengembalikan teksturnya seperti semula.

Minyak kecuali minyak kacang: Sebagian besar minyak akan menebal dan berubah keruh jika disimpan di lemari es. Pengecualiannya adalah minyak kacang, yang dapat berubah tengik dengan sangat cepat dan harus disimpan dalam suhu dingin.

Tomat: Anda dapat menyimpan tomat di lemari es, tetapi teksturnya akan menjadi lembek dan struktur selnya akan rusak.

Roti: Jika anda berencana ingin memakan roti dalam beberapa hari ke depan maka jangan simpan di dalam kulkas, kecuali anda baru akan menggunakannnya beberapa minggu ke depan. Menyimpan roti di kulkas dapat menyebabkan teksturnya menjadi keras dan rasanya berubah menjadi hambar.

Bawang: Sebaiknya simpan bawang di tempat kering dengan sirkulasi udara yang baik. Bawang dapat disimpan di dalam kulkas jika telah dikupas dan siap digunakan.

Kopi: Kopi secara alami menyerap bau di sekitarnya. Jadi, menyimpannya di kulkas dapat merusak rasanya. Kopi harus disimpan dalam wadah kedap udara dan disimpan di tempat gelap pada suhu kamar agar tetap segar sampai saatnya diseduh.

Cokelat: Suhu dan kelembaban kulkas dapat merusak rasa, warna, dan tekstur. Cokelat (khususnya cocoa butter) menyerap bau makanan di sekitarnya, jadi sebaiknya dijauhkan dari bahan-bahan lain yang berbau. Simpan cokelat Anda di dalam wadah kedap udara di tempat yang sejuk dan kering jika anda sudah membuka kemasannya.