BLOG & BERITA TERKINI

Cara Mencegah Freezer Burn Pada Makanan


 

Freezer burn terjadi ketika makanan beku mengering. Ini dapat terjadi karena udara mengenai makanan, atau air menguap dari makanan karena suhu freezer yang tidak konsisten. Freezer burn biasanya terlihat dari makanan yang tertutup oleh es, atau berubah warna (biasanya gelap). Makanan yang terdampak freezer burn masih aman untuk dikonsumsi, tetapi akan terasa hambar. Itulah mengapa sangat penting untuk mengetahui tips ini untuk mencegah freezer burn:

1. Tunggu Sampai Dingin.
Jika Anda baru saja mengeluarkan makanan dari oven, jangan langsung memasukkannya ke dalam freezer. Anda harus menunggu makanan tersebut hingga dingin. Jika Anda menaruh hidangan panas di dalam freezer, itu bisa mencairkan makanan di sekitarnya. Jika makanan tidak cukup dingin dengan sendirinya, Anda dapat meletakkan es pada sekeliling piring untuk mempercepat prosesnya.

2. Tambahkan Perlindungan Ekstra.
Jika Anda membeli produk makanan beku langsung dari toko, ada baiknya menambahkan lapisan pelindung seperti alumunium foil atau tas freezer. Dan jika Anda membekukan produk makanan sendiri, baiknya letakan lapisan di atas makanan dan di bawah tutup wadah untuk mencegah embun berkembang di atas makanan.

3. Bekukan Secara Berkala.
Terlalu banyak makanan yang dimasukkan sekaligus ke dalam freezer dapat meningkatkan suhu internal freezer, dan fluktuasi ini dapat menyebabkan freezer burn. Baiknya masukkan makanan secara bertahap ke dalam freezer.

4. Jangan Terlalu Lama Membekukan Makanan.
Ingat, makanan Anda tidak dapat dibekukan selamanya. Beberapa makanan hanya boleh dibekukan selama beberapa bulan, sementara yang lain bisa dibekukan selama setahun. Tetapi secara umum, semakin lama makanan berada di dalam freezer, semakin besar kemungkinannya terkena freezer burn

5. Segel Ketat.
Cara termudah untuk membekukan makanan dan mencegah freezer burn adalah memastikan makanan Anda tertutup rapat dalam wadah yang aman dan kedap udara. Jika Anda hanya memiliki jenis kantung terbuka, gunakan karet gelang untuk menutupnya agar makanan tetap aman.