BLOG & BERITA TERKINI

Cara Mendinginkan atau Membekukan Makanan


Lemari es merupakan tempat yang praktis dan bermanfaat untuk menyimpan makanan. Agar lemari es tetap aman saat dipakai menyimpan makanan, perhatikan hal-hal di bawah ini:

1. Lemari es harus diatur ke suhu 40 F atau di bawah 32 F agar dapat memperlambat proses pertumbuhan bakteri, tetapi tidak cukup dingin untuk mempengaruhi kualitas makanan dengan memungkinkan kristal es untuk berkembang. Sebaiknya simpan termometer kulkas di lemari es untuk memastikan suhunya cukup rendah untuk keamanan makanan.

2. Selalu tempatkan makanan dalam wadah yang tertutup agar makanan tidak cepat mengering, kehilangan kualitas, dan terkontaminasi bau dari makanan lain.

3. Hindari terlalu banyak menyimpan makanan di lemari es. Sisakan sedikit ruang agar udara bisa beredar bebas di dalamnya. Dengan cara ini penyebaran suhu akan lebih merata.

4. Suhu dingin pada lemari es hanya memperlambat pertumbuhan bakteri, memperpanjang kualitas dan rasa makanan, serta menjaga tekstur makanan. Namun, lemari es tidak membunuh bakteri dan meningkatkan kualitas makanan.

5. Bagian terdingin dari kulkas Anda bukanlah tempat untuk menyimpan makanan seperti sayuran dan buah-buahan yang lembut. Rak paling atas adalah tempat terdingin jadi pastikan untuk menyimpannya di rak yang lebih rendah.

6. Setidaknya setiap tiga minggu sekali, bersihkan semua permukaan lemari es anda dengan larutan baking soda. Keringkan sampai bersih.